PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MAKRO MEDIA FLASH

Pengertian Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi adobe flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.
Macromedia Flash 8 merupakan versi terbaru yang merupakanpengembangan dari Macromedia Flash MX 2004. Animasi yang dihasilkanMacromedia Flash 8 adalah animasi berupa file movieMovie yang dihasilkan dapat berupa grafik atau teks, mengimpor file suara, video, maupun file gambar dari aplikasi lain. Animasi Flash Profesional 8, mampu membuat tampilan website dan presentasi menjadi unik dan menarik, dilengkapi dengan gambar kreatif dan video. PenggunaanMacromedia Flash 8 sebagai software yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis edutainment, didasarkan pada beberapa kelebihan yang dimilikinya.

2.2. Fungsi macromedia
a.       Membuat presentasi
b.      Membuat aplikasi
c.       Membuat animasi
d.      Membuat konten video
e.       Membuat media-rich flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus.
2.3. Manfaat macromedia dalam media pembelajaran matematika
Matematika adalah landasan utama teknologi , kita tidak dapat mengingkari kenyataan bahwa sampai sekarang ini masih banyak siswa di negeri ini yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Fakta menunjukan tidak sedikit siswa sekolah yang masih mengaanggap matematika adalah pelajaran yang bikin stress karena matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti siswa. Media pembelajaran matematika adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dari guru ke siswa dalam mata pelajaran matematika, hingga dapat mengrangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa dan pada akhirnya padat menjadikan siswa melalukukan kegiatan belajar mengajar (Kusumah, 2007).
Penyajian mata pelajaran matematika di sekolah tersebut monoton dan kurang variasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga kurang menarik minat siswa. Oleh karena itu perlu adanya penyajian materi yang diharapkan dapat menarik minat siswa, salah satunya penyajian matematika dengan media pembelajaran berbasis eduitment.Salah satu bentuk penggunaan teknologi pembelajaran yang dapat menggabungkan unsur pendidikan dan unsur hiburan adalah digunakannya teknologi informasi berbasis komputer. Penggunaan teknologi informasi yang berbasis komputer, diharapkan dapat menjadi salah satu cara inovatif dalam penyampaian materi pembelajaran. komputer digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Dengan menggunakan media komputer sebagai penyajiannya, materi pembelajaran dapat disajikan secara lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya interaktivitas ini siswa dengan mudah dapat memilih bagian materi pelajaran yang ingin dipelajari atau mempelajari bagian materi yang belum dipahami. Dalam pembuatan media pembelajaran yang berupa softwarepembelajaran yang cocok dan unggul dalam penyajian. Terdapat beberapa software aplikasi untuk mendukung pembelajaran matematika yang menarik, yaitu Macromedia Flash 8.
Macromedia Flash 8 merupakan software yang mampu menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik, dan dinamisDari uraian di atas, maka Macromedia Flash 8 cocok digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika.

2.4. Kelebihan dan Kekurangan Macromedia Flash dalam Media Pembelajaran Matematika
Ø  Kelebihan Macromedia Flash dalam media pembelajaran matematika :
a.       Pengguna program Macromedia Flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan bebas sesuai dengan alur adegan animasi yang dikehendakinya.
b.      Macromedia Flash ini dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. Hal ini dikarenakan Flash, menggunakan animasi dengan basis vektor, dan juga ukuran file Flashyang kecil ini dapat digunakan pada halaman web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama untuk membukanya.
c.       Macromedia Flash menghasilkan file bertipe (ekstensi). FLA yang bersifat fleksiibel, karena dapat dikonversikan menjadi file bertipe .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov. hal ini memungkinkan pengguna programMacromedia Flash untuk berbagai keperluan yang kita inginkan.
d.      Lebih dapat  memahami  materi yang dipelajari karena setiap materi disajikan simulasinya
e.       Lebih semangat dalam belajar karena penyajian materi dilengkapi dengan gambar, suara dan video.
f.       Dapat berinteraksi dengan media karena bersifat interaktif.

Ø  Kekurangan Macromedia Flash dalam media pembelajaranmatematika :
a.       Waktu belajarnya lama, apalagin bagi yang belum pernah menggunakan sofware desain grafis sebelumnya.
b.      Menunya tidak user friendly
c.       Perlu banyak refrensi tutorial
d.      Bahasa pemrogamannya agak susah
e.       Belum ada template didalamnya
f.       Ukuran file besar










DAFTAR PUSTAKA
http://mekar-arum-kusuma.blogspot.co.id/2015/04/media-pembelajaran-emacromedia-flash.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT PERAGA FISIKA

Kelebihan dan Kekurangan Blogger dan Wordpress